Silabus Ekonomi Akuntansi

SILABUS

 

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Subah

Mata Pelajaran             : EKONOMI

Kelas / Program            : XI

Semester                      : 1

Standar Kompetensi     :  1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

Alokasi Waktu             : 20 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
1.1     Mengklasifikasi ketenagakerjaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2     Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.3     Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

1.4   Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional

Ketenagakerjaan

  • Pengertian angkatan kerja, tenaga kerja, kesempatan kerja dan pengangguran
  • Upaya peningkatan kualitas kerja
  • Sistem upah
  • Jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.
  • Dampak dan cara mengatasi pengangguran

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembangunan Ekonomi.

  • Arti dan tujuan pembangunan ekonomi.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
  • Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertumbuhan Ekonomi.

  • Arti pertumbuhan ekonomi
  • Teori pertumbuhan ekonomi
  • Laju pertumbuhan ekonomi

 

 

 

 

Dampak  pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi

 

  • Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, kesempatan kerja dan pengangguran di perpustakaan
  • Mendiskusikan upaya peningkatan kualitas kerja, sistem upah dan mencari penyebab serta mengatasi pengangguran di kelas.

 

  • Mengerjakan LKS
  • Mencari berita mengenai pasar tenaga kerja di media cetak dalam bentuk iklan lowongan kerja.

 

 

  • Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi melalui pengkajian referensi di kelas.
  • Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembanunan ekonomi
  • Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi
  • Menarik kesimpulan secara sederhana tujuan pembangunan ekonomi Indonesia
    • Mengerjakan LKS

 

 

  • Mengkaji referensi perpustakaan untuk mendeskripsikan   pertumbuhan ekonomi

§  Menghitung laju pertumbuhan ekonomi menggunakan data BPS.

 

 

  • Mengkaji dampak  pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi melalui observasi

 

 

§  Mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.

§  Membedakan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.

§  Mendeskripsikan pengangguran.

§  Mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.

  • Mendeskripsikan cara-cara mengatasi masalah pengangguran.

 

  • Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
  • Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi

 

 

 

 

 

§  Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.

§  Mendeskripsikan      teori pertumbuhan ekonomi

§  Menghitung laju pertumbuhan ekonomi

 

§  Mengidentifikasi dampak  pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

8 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4×45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

4 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

Refrensi yang relevan

pada sumber bahan.

 

SILABUS

 

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Subah

Mata Pelajaran             : EKONOMI

Kelas / Program            : XI

Semester                      : 1

Standar Kompetensi     :  2. Memahami APBN dan APBD

Alokasi Waktu             : 14 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
2.1  Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD

 

 

 

 

 

2.2  Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah

 

 

 

 

 

2.3  Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4  Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

 

APBN dan APBD

  • pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD

 

 

 

 

 

Sumber APBN dan APBD

  • Sumber APBN
  • Sumber APBD
  • Pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian

 

 

 

 

Kebijakan Fiskal

  • Arti kebijakan fiskal
    • Kebijakan fiskal
  • Perpajakan
  • pajak dan pungutan resmi lainnya
  • Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.

 

 

 

 

 

Pengeluaran Pemerintah

  • pengeluaran pemerintah pusat
  • pemerintah daerah
  • Perbedaan pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah
 

  • Merumuskan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD melalui pengkajian refrensi

 

 

 

  • Menunjukan sumber-sumber pendapatan negara dan daerah melalui pengkajian referensi di kelas
  • Mengidentifikasi pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian melalui pengkajian refrensi.

 

  • Mengkaji refrensi tentang pajak untuk merumuskan pengertian pajak dan fungsinya
  • Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah melalui referensi
  • Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan dengan data yang nyata.

 

§  Mengkaji referensi tentang pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

  • Mengerjakan LKS
  • Mencari data tentang sumber sumber penerimaan daerah kab.Batang dari retribusi tempat hiburan
 

§  Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.

 

 

 

 

§  Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.

§  Menguraikan pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian.

 

 

  • Mendeskripsikan  pengertian pajak dan fungsinya

 

  • Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
  • Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.

 

 

§  Menunjukan jenis pembelanjaan pemerintah pusat dan daerah.

§  Mendeskripsikan kebijakan anggaran

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

,

 

 

 

2 x 45 menit

 

 

 

 

 

4 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

4 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Refrensi yang relevan

pada sumber bahan.

Subah,

 

 

Guru mapel ekonomi

Ineke Sila Melayani, S.Pd

NIP 196305181987032006

Mengetahui

 

Kepala Sekolah SMA N 1 Subah

Drs. Herry Soemiarto

NIP 195512151979031011

 

SILABUS

 

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Subah

Mata Pelajaran             : EKONOMI

Kelas / Program            : XI

Semester                      : 1

Standar Kompetensi     :  3. Mengenal Pasar modal

Alokasi Waktu             : 10 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
3.1   Mengenal jenis produk   dalam bursa efek

 

 

 

 

 

 

 

3.2   Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek

Pasar Modal

  • Pengertian Pasar Modal
  • Jenis Produk Bursa Efek

 

 

 

 

 

 

Mekanisme Kerja Bursa Efek

 

  • Mengkaji referensi tentang Pasar Modal
  • Mengkaji Jenis Produk Pasar Modal melalui kunjungan, mendatangkan nara sumber atau mendownload dari internet

 

  • Mensimulasikan mekanisme Pasar Modal
    • Mengkaji referensi tentang Pasar Modal

 

  • Mengerjakan LKS
  • Membuat guntingan mengenai fluktuasi IHSG selama satu minggu dari media cetak
 

  • Mendeskripsikan konsep pasar Modal
  • Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal

 

 

 

  • Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
  • Membedakan pasar modal dengan pasar uang

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

4 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

6 x 45 menit

 

 

 

Refrensi yang relevan

pada sumber bahan.

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Subah

Mata Pelajaran             : EKONOMI

Kelas / Program            : XI

Semester                      : 1

Standar Kompetensi     :           4. Memahami perekonomian terbuka

Alokasi Waktu             : 18 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
4.1  Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2  Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan  neraca pembayaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3   Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping

4.4   Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya

Perdagangan Internasional

  • Ekspor Impor
  • Keunggulan absolut dan keunggulan komparatif
  • Kebijakan perdagangan international

 

 

 

 

 

 

 

 

Kurs Valuta Asing

  • Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
  • Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku dengan mengkaji referensi di kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Neraca Pembayaran

  • Pengertian neraca pembayaran
  • Komponen neraca pembayaran
  • Neraca pembayaran surplus dan defisit
  • Kebaikan dan keburukan utang luar negeri
  • Konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping

 

 

 

 

 

 

 

 

Devisa

  • Pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
  • alat-alat pembayaran internasional
  • Mengidentifikasikan pengertian, manfaat, dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya  perdagangan internasional dengan pengkajian referensi di kelas.
  • Membedakan keunggulan absolut dan keunggulan komparatif dengan pengkajian referensi di kelas.
 

 

  • Mengidentifikasi kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional melalui pengkajian referensi di perpustakaan

 

  • Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
  • Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku dengan mengkaji referensi di kelas.
  • Mengerjakan LKS
  • Mencari data dari media cetak mengenai perubahan kurs mata uang asing terhadap rupiah selama 3 hari

§  Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan neraca pembayaran.

 

 

  • Mendeskripsikan neraca pembayaran defisit, surplus dan seimbang serta dampaknya terhadap perekonomian suatu negara melalui pengkajian referensi di kelas.
  • Mendiskusikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia
  • Mengerjakan LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendeskripsikan konsep tarif,    kuota, larangan ekspor,  larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping melalui studi lapangan
    • Mengerjakan LKS
  • Mengkaji referensi untuk mendeskripsikan tentang devisa.
  • Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.

 

 

§  Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional

§  Menguraikan konsep keunggulan absolut (mutlak) dan keunggulan komparatif.

§  Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya  perdagangan internasional

 

 

§  Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional

 

 

 

 

  • Mengidentifikasi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
  • Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
    • Menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap  valuta asing
    • Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku.

 

 

  • Mendeskripsikan konsep neraca pembayaran
  • Mengelompokkan komponen-komponen     neraca pembayaran dan neraca perdagangan
  • Menguraikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia
  • Mendeskripsikan konsep tarif,    kuota, larangan ekspor,  larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping

 

  • Mendeskripsikan pengertian dan fungsi devisa.
  • Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas

 

6 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 x 45 menit

Refrensi yang relevan

pada sumber bahan.

Subah,

 

 

Guru mapel ekonomi

Ineke Sila Melayani, S.Pd

NIP 196305181987032006

Mengetahui

 

Kepala Sekolah SMA N 1 Subah

Drs. Herry Soemiarto

NIP 195512151979031011

Subah,   Juli 2010

 

Guru mapel ekonomi

Ineke Sila Melayani, S.Pd

NIP 196305181987032006

 

SILABUS

 

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Subah

Mata Pelajaran             : EKONOMI / AKUNTANSI

Kelas / Program            : XI

Semester                      : 1

Standar Kompetensi     :  5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa

Alokasi Waktu             : 64 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
 

5.1  Mendeskripsikan akuntansi sebagai  sistem informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.2  Menafsirkan persamaan akuntansi

 

 

 

 

 

 

 

 

5.3  Mencatat transaksi berdasarkan  mekanisme debit dan kredit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.4  Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum

 

 

 

 

 

 

5.5  Melakukan posting dari jurnal ke buku besar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Definisi Akuntansi
  • Kualitas informasi akuntansi
  • Proses kegiatan akuntansi
  • Beberapa pemakai informasi akuntansi
  • Karakteristik pemakai informasi akuntansi
  • Kegunaan informasi akuntansi.
  • Bidang – bidang akuntansi
  • Profesi akuntan
  • Etika profesi akuntan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Persamaan Akuntansi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Analisa Debit/kredit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jurnal Umum

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Menyimpulkan akuntansi sebagai sistem informasi dengan mengkaji berbagai sumber.
  • Mengidentifikasi sifat, tujuan, dan fungsi laporan keuangan dengan mengkaji sumber bahan dan SAK.
  • Mengkaji referensi dan mempresentasikan proses akuntansi.
  • Mengidentifikasi  manfaat / kegunaan informasi akuntansi bagi pemakainya dengan mengkaji sumber bahan
  • Mengidentifikasi etika profesi akuntansi dengan  mengkaji sumber bahan

 

 

 

 

 

  • Mengkaji referensi untuk menerapkan persamaan akutansi.

 

.(Mengerjakan LKS )

 

 

 

 

 

  • Mengidentifikasi dokumen sumber dengan mengkaji sumber bahan.
  • Menghimpun contoh contoh bukti bukti transaksi.
  • Mendiskusikan hubungan fungsional tiap rekening  dalam jurnal umum  dengan mengkaji sumber bahan
    • Mengerjakan LKS

 

 

  • Mengkaji referensi untuk memindahbukukan (posting) jurnal ke buku besar.

 

  • .Mengerjakan LKS

 

 

 

  • Menerapkan tahapan pencatatan transaksi perusahaan jasa dengan mengkaji sumber bahan.
  • Menerapkan tahap pengikhtisaran transaksi pada perusahaan jasa dengan mengkaji sumber bahan.
  • Menerapkan tahap pelaporan transaksi pada perusahaan jasa dengan mengkaji sumber bahan.
  • Mengerjakan LKS

 

 

§  Mendefinisikan pengertian dasar akuntansi.

§  Merumuskan kualitas informasi akuntansi.

§  Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi.

§  Menjelaskan konsep dasar akuntansi berdasarkan SAK

§  Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai.

§  Mengidentifikasi macam – macam bidang spesialisasi akuntansi.

§  Mengidentifikasi etika profesi akuntan.

 

§  Mengklafikasi jenis jenis akun

§  Rumus persamaan akuntansi.

§  Menerapkan rumus persamaan akuntansi  akibat terjadinya transaksi.t

 

 

§  Menafsirkan definisi perusahaan jasa.

§  Menganalisis bukti transaksi keuangan/bukti pencatatan internal.

§  Menganalisa bukti transaksi keuangan eksternal

 

 

 

 

 

§  Menjelaskan pengertian jurnal.

§  Menjelaskan fungsi jurnal.

§  Menjelaskan macam macam jurnal

§  Mencatat transaksi keuangan ke buku jurnal.

§  Mekanisme posting.

§  Memindahbukukan (posting) jurnal ke buku besar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6  x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

4 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

8 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Refrensi yang relevan

pada sumber bahan.

Mengetahui

Kepala Sekolah SMA N 1 Subah

Drs. Herry Soemiarto

NIP 195512151979031011

Subah,   Juli 2010

 

Guru mapel ekonomi

Ineke Sila Melayani, S.Pd

NIP 196305181987032006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Subah

Mata Pelajaran             : EKONOMI

Kelas / Program            : XI

Semester                      : 2

Standar Kompetensi     :  5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa

Alokasi Waktu             : 64 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
 

5.6  Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.7  Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa

 

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

  • Tahap Pencatatan
  • Tahap Pengikhtisaran
  • Tahap Pelaporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan Keuangan

  • Laporan R/L
  • Laporan Perubahan Ekuitas
  • Neraca
  • Laporan Arus Kas
 

  • Menerapkan tahap pelaporan transaksi pada perusahaan jasa dengan mengkaji  sumber bahan
  • Menyusun kliping tentang laporan keuangan dari koran, majalah, internet dll

 

  • .Mengerjakan LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Praktik menyusun laporan keuangan secara lengkap

(pencarian bukti transaksi, analiisis transaksi, jurnal, posting ke buku besar, jurnal penyesuaian, kertas kerja, laporan keuangan)

 

§  Menjelaskan pengertian neraca saldo.

§  Sumber pencatatan neraca saldo.

  • Menyusun daftar sisa/neraca sisa.
  • Pengertian ayat jurnal penyesuaian.
  • Menyusun Jurnal Penyesuaian akun defferal.
  • Menyusun jurnal penyesuaian akun akrual.
  • Menjelaskan pengertian kertas kerja.
  • Menjelaskan fungsi kertas kerja.
  • Menyusun Kertas Kerja

 

 

 

 

 

  • Menyusun Laporan Keuangan Laba / Rugi
  • Menyusun laporan keuangan perubahan modal./ Ekuitas
  • Menyusun laporan keuangan Neraca.
  • Menyusun laporan keuangan  Arus kas
  • Praktik menyusun laporan keuangan secara lengkap

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan: ulangan, lTugas Individu.

Bentuk Tagihan; uraian obyektif, Tes tertulis, uraian bebas.

 

 

10 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16 x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

 

Kepala Sekolah SMA N 1 Subah

Drs. Herry Soemiarto

NIP 195512151979031011

Subah,   Januari  2011

 

Guru mapel ekonomi

Ineke Sila Melayani, S.Pd

NIP 196305181987032006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Silabus. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s